Donnie Darko (2001)

Donnie Darko – Donnie Darko merupakan film begenre Drama, Sci-Fi berasal dari Amerika Serikat yang disutradarai oleh Richard Kelly sebagai penulis film. Film ini juga di produseri oleh Sean McKittrick, Nancy Juvonen, Adam Fields dan dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Holmes Osborne, Maggie Gyllenhaal, Daveigh Chase.

Baca juga: Don’t Knock Twice (2017)

Sinopsis Film Donnie Darko

Film donnie darko bercerita tentang seorang remaja laki-laki bernama donnie darko (jack gillenhaal) yang mengalami serangkaian kejadian aneh. Rumah donnie tertimpa sebuah pesawat yang terjatuh tepat di kamar darko. Untung saja saat itu dirinya tidak berada di kamar hingga ia bisa selamat dari kecelakaan itu.

Kebiasaannya berjalan sambil tidur inilah yang menyelamatkan darko. Darko memang seorang yang bisa dibilang memiliki penyakit psikis, orangtuanya bahkan sempat membawa darko ke psikiater karena kebiasaan anehnya yang berjalan sambil tidur, serta beberapa ulah darko yang lain yang dianggap tak wajar oleh orang tuanya.

Sleepwalking yang dialami darko ini adalah karena ia memiliki seorang teman imaginary nya yang bernama frank, sosok aneh dengan kostum kelinci sebesar manusia yang bertampang menyeramkan. Frank juga mengatakan pada darko bahwa kiamat akan terjadi dalam waktu 28 hari. Darko sudah dibawa ke psikiater namun ia tak kunjung normal.

Darko justru ingin tahu maksud si kelijinci aneh itu yang selalu membersamainya. Sosok kelinci ini mengaku bahwa ia datang dari masa depan, sesuatu yang sulit dipercayai darko dan orang-orang yang ia kenal, hingga darko dianggap memiliki penyakit mental.

Kelainan mental darko rupanya berbuah pada serangkaian tindakan kenakalan yang ia lakukan di sekolah, seperti membanjiri sekolahannya. Bukan hanya itu, darko bahkan sempat membakar rumah seorang motivator. Apa yang dilakukan darko ini bukan serta merta murni kemauannya, namun semua dia lakukan dibawah kendali frank, si kelinci menyeramkan.

Dikehidupan normal darko, ia menjalani harinya bersama orang-orang terdekatnya, seperti gretchen (jena malona), sang pacar yang selalu setia pada darko meski banyak yang bilang kalau darko sakit mental. Lalu ada pula guru bahasa inggris darko (drew barrymore), guru senamnya (beth grant).

Darko juga masih tinggal dengan keluarganya yang bahagia, ayah, ibu dan kakaknya. Dia nampak bisa hidup normal tanpa bayang-bayang frank, namun frank tidak bisa sepenuhnya melepaskan darko dan terus menjadi bayangan yang mempengaruhinya dan mengatakan hal-hal yang tak masuk di akal.

Detail Crew Film Donnie Darko

Genre : Horor, Sci-Fi
Sutradara : Richard Kelly
Penulis Skenario: Richard Kelly
Produser : Sean McKittrick, Nancy Juvonen, Adam Fields
Bintang Film : Jake Gyllenhaal, Holmes Osborne, Maggie Gyllenhaal, Daveigh Chase
Durasi : 113 Menit
Pemeran :
Jake Gyllenhaal sebagai Donnie Darko
Holmes Osborne sebagai Eddie Darko
Maggie Gyllenhaal sebagai Elizabeth Darko
Daveigh Chase sebagai Samantha Darko
Mark Hoffman sebagai Police Officer
Patrick Swayze sebagai Jim Cunningham
Arthur Taxier sebagai Dr. Fisher
James Duval sebagai Frank

Mungkin Anda Menyukai