Halloween

Halloween

Halloween merupakan salah satu film horor Amerika yang di sutradarai oleh Jhon Carpenter, yang di tulis bersama dengan prosedur Debra Hill, dan di bintangi oleh Donald Pleasence dan Jamie Lee Curtis dalam sebuah debut filmnya.
Awalnya sebuah film tunggal ini adalah angsuran pertama dalam franchise Halloween. Dalam film tesebut, pada mala Halloween pad tahun 1963, Michael Myers membunuh saudara perempuannya di kota Haddonfield, Amerika Serikat, di kota Midwestern, Amerika Serikat.
Ia berkomitmen untuk santarium. lima belas tahun kemudian , ia melariak diri untuk mengikuti dan membunuh orang-orang Haddonfield sambil di kejar-kejar oleh mantan psikaternya Samuel Loomis.

Halloween adalah film slasher Amerika 1978 yang disutradarai dan dicetak oleh John Carpenter, yang ditulis bersama dengan produser Debra Hill, dan dibintangi Donald Pleasence dan Jamie Lee Curtis dalam debut filmnya. Awalnya sebuah film tunggal, itu adalah angsuran pertama dalam franchise Halloween. Dalam film itu, pada malam Halloween pada tahun 1963, Michael Myers membunuh saudara perempuannya di kota Haddonfield, Amerika Serikat, di kota Midwestern, Amerika Serikat. Dia berkomitmen untuk sanitarium. Lima belas tahun kemudian, ia melarikan diri untuk menguntit dan membunuh orang-orang Haddonfield sambil dikejar-kejar oleh mantan psikiaternya, Samuel Loomis.

Halloween diproduksi dengan anggaran sebesar $ 300.000 dan meraup $ 47 juta di box office di Amerika Serikat dan $ 23 juta secara internasional dengan total $ 70 juta di seluruh dunia, menjual hampir 30 juta tiket pada tahun 1978. Ini menjadi salah satu film independen paling menguntungkan. Dipuji untuk arahan dan skor musiknya, banyak kritikus memuji film ini sebagai film garis panjang pertama yang terinspirasi oleh Alfred Hitchcock’s Psycho (1960). Pada tahun 2006, film ini dipilih untuk disimpan di dalam Daftar Film Nasional Amerika Serikat oleh Library of Congress sebagai “secara budaya, sejarah, atau estetis”.

Beberapa kritikus menyatakan bahwa Halloween dapat mendorong sadisme dan kebencian terhadap wanita oleh audiensi yang mengidentifikasi dengan penjahatnya. Yang lain mengatakan film ini adalah kritik sosial terhadap imoralitas remaja dan remaja di Amerika pada tahun 1970-an, dengan banyak korban Myers adalah pelaku kekerasan seksual, sementara pahlawan tunggal digambarkan sebagai tidak bersalah dan murni, maka kelangsungan hidupnya. Carpenter menolak analisis semacam itu.

1963, pada malam Halloween di Haddonfield, Illinois, Michael Myers, mengenakan kostum badut dan topeng, entah kenapa menusuk kakak perempuannya, Judith, sampai mati dengan pisau dapur di rumah mereka. Dia kemudian dirawat di rumah sakit di Smith’s Grove Sanitarium di Warren County. Lima belas tahun kemudian, pada 30 Oktober 1978, psikiater anak Michael, Dr. Sam Loomis, dan rekannya, Marion Chambers, tiba di Smith’s Grove Sanitarium untuk membawa Michael ke pengadilan. Michael melarikan diri dari sanitarium, mencuri mobil Loomis. Kembali ke rumah ke Haddonfield, Michael membunuh seorang mekanik untuk seragamnya dan mencuri topeng putih, beberapa pisau, dan beberapa tali dari toko lokal.

Keesokan harinya, pada Halloween, Michael menguntit siswa SMA Laurie Strode setelah dia dan Tommy Doyle menurunkan kunci di bekas rumahnya, sehingga ayahnya bisa menjualnya. Sepanjang hari, Laurie melihat Michael mengikutinya, tetapi teman-temannya, Annie Brackett dan Lynda Van der Klok menepis kekhawatirannya. Loomis tiba di Haddonfield untuk mencari Michael, mengetahui niatnya. Setelah menemukan bahwa nisan Judith Myers telah dicuri dari pemakaman setempat, Loomis bertemu dengan ayah Annie, Sheriff Leigh Brackett. Keduanya memulai pencarian mereka di rumah Michael, di mana Loomis mencoba memperingatkan sheriff skeptis tentang bahaya yang ditimbulkan Michael, menjelaskan bahwa Michael adalah jahat murni dan mampu melakukan kekerasan lebih lanjut, meskipun bertahun-tahun katatonia. Sheriff Brackett berpatroli di jalan-jalan sementara Loomis menunggu dan mengawasi rumah, mengharapkan Michael untuk kembali ke sana.

Pemeran dalam film

– Donald Pleasence sebagai Dr. Sam Loomis
– Jamie Lee sebagai Laurie Strode
– Nicky Castle sebagai Michael Myers
– Willy Sandian sebagai Michael Myres (berusia 6 tahun)
– P. J. Soles sebagai Lynda Van Der Klok
– Nancy Kyes sebagai Annie Brackett
– Charles Cyphers sebagai Sheriff Leigh Brackett
– Kyle Richards sebagai Lindsey Wallace
– Brian Andrews sebagai Tommy Doyle
– John Michael Graham sebagai Bob Simms
– Nancy Stephens sebagai Marion Chambers
– Arthur Malet sebagai Penjaga Makam
– Mickey Yablans sebagai Richie
– Brent Le Page sebagai Lonnie
– Adam Hollander sebagai Keith
– Sandy Johnson sebagai Judith Margaret Myers
– David Kyle sebagai Pacar Judith
– Peter Griffith sebagai Ayah Laurie

Mungkin Anda Menyukai