Legenda Sundel Bolong (2007)

Legenda Sundel Bolong (2007) – Legenda Sundel Bolong merupakan sebuah film fiksi horor Indonesia yang dirilis pada 18 Oktober 2007 oleh Rapi Films. Legenda Sundel Bolong diperankan oleh Baim, Jian Batari Anwar, Tio Pakusadewo, dan Uli Auliani.

Baca juga: Genderuwo (2007)

Sinopsis Film Legenda Sundel Bolong

Legenda sundel bolong, menceritakan tentang sundel bolong yang menghantui masyarakat desa banjar dan desa sindangsari, yaitu daerah-daerah di perbatasan jawa barat dan jawa tengah. Adalah imah (jian batari) dan lilis (uli aulani), dua ronggeng desa banjar yang sering ditanggap untuk perhelatan kampung. Tidak jauh berbeda dengan zaman sekarang, penari ronggeng kerap dicap sebagai perempuan sundal atau perempuan nakal.

Karena cap itu, akhirnya imah memutuskan untuk berhenti menjadi penari ronggeng. Apalagi bila mengingat penari ronggeng yang selalu diidentikkan dengan pemuas laki-laki. Kemudian imah menikah dengan sarpah (baim), laki-laki baik hati yang menjadi pemain kendang kelompok tayuban pengiring tarian ronggeng. Setelah menikah, imah dan sarpah pindah ke desa lain agar dapat meredakan cemoohan tetangga.

Sarpah sendiri bekerja pada seorang juragan teh bernama danapati (tio pakusadewo). Meskipun imah sudah tidak lagi menjadi penari ronggeng, tetap saja penduduk desa yang sudah terlanjur mengetahui profesi lamanya, tidak menyukai imah. Di mata mereka, penari ronggeng adalah profesi yang rendah.

Danapati sendiri jatuh cinta pada imah. Apapun dilakukannya untuk mendapatkan imah, termasuk mengutus suami imah, sarpa untuk mengambil bibit teh di sumatera. Danapati ternyata memiliki kelainan psikologi akibat trauma masa kecilnya dengan sang ibu. Pada suatu kesempatan, akhirnya danapati berhasil memperkosa imah.

Namun imah berhasil lari ke banjar. Danapati dan anak buahnya menjadi kelabakan mencari imah. Ia memerintahkan semua anak buahnya untuk menghabisi imah. Sementara itu, sarpa lolos dari maut yang menghadangnya dan berhasil pulang ke rumahnya di banjar untuk menjemput sang istri. Ternyata desa sindangsari juga mengalami hal yang sama dengan desa banjar.

Ada banyak kejadian pembunuhan dengan kondisi mayat yang terluka pada bagian punggung, alias bolong. Masyarakat sindangsari semakin resah hingga menimbulkan saling curiga di antara sesama mereka. Sementara warga berusaha mencari pelaku pembunuhan, teror hantu sundel bolong muncul sehingga situasi semakin menegangkan. Bagaimana kondisi imah setelah pemerkosaan itu

Detail Crew Film Legenda Sundel Bolong

Genre : Horor
Sutradara : Hanung Bramantyo
Produser : Subagio S , Gope T Samtani
Penulis : Erik Tiwa
Durasi : 91 menit
Pemeran :
Jian Batari Anwar sebagai Imah
Ibrahim Imran sebagai Sarpa
Uli Auliani sebagai Lilis
Tio Pakusadewo sebagai Danapati

Mungkin Anda Menyukai