Split

Split

Split – Split merupakan film horor psikologis Amerika yang ditulis dan disutradarai oleh M. Night Shyamalan dan dibintangi oleh James McAvoy, Anya Taylor-Joy, dan Betty Buckley. Film ini mengikuti seorang pria dengan kepribadian berbeda yang menculik dan memenjarakan tiga gadis remaja di sebuah fasilitas bawah tanah yang terisolasi. Salah satu kepribadiannya yang lebih gelap termanifestasi dalam jiwanya dan menghasilkan transformasi menjadi sosiopat morbid dan kanibalistik dengan kemampuan super dan rasa lapar yang tak terpuaskan untuk daging manusia.

Pokok fotografi dimulai pada 11 November 2015, di Philadelphia, Pennsylvania. Film ini ditayangkan di Fantastic Fest pada 26 September 2016, dan dirilis di Amerika Serikat pada 20 Januari 2017, oleh Universal Pictures. Film ini umumnya mendapat tanggapan positif, dengan kinerja McAvoy mendapatkan pujian tinggi dan beberapa kritikus melabelinya untuk kembali ke Shyamalan, meskipun beberapa telah mengkritik film tersebut karena stigmatisasi yang dirasakannya terhadap penyakit mental. Film ini meraup $ 278 juta di seluruh dunia dengan anggaran $ 9 juta, dan menghasilkan laba bersih sebesar $ 68 juta.

Film ini merupakan sekuel yang berdiri sendiri untuk film 2000 Unbreakable, yang juga ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh Shyamalan, dan merupakan bagian kedua dari apa yang disebut trilogi Eastrail 177. Film ini tidak dipasarkan sebagai sekuel, dan hubungan dengan Unbreakable tidak terungkap sampai adegan terakhir film, di mana Bruce Willis mengulang perannya sebagai David Dunn. Bagian terakhir dari trilogi, berjudul Glass, akan dirilis pada 2019, dan akan menggabungkan gips dari kedua film sebelumnya.

Baca juga

sinopsis

Saat bergaul dengan teman-teman sekelasnya, Claire dan Marcia, ketiganya diculik oleh Kevin Wendell Crumb, seorang pria yang menderita gangguan identitas disosiatif. Kevin telah dievaluasi oleh psikolog Dr. Karen Fletcher, yang menemukan bahwa ia membentuk banyak kepribadian sebagai sarana untuk mengatasi pelecehan yang dideritanya. Meskipun Kevin tampak stabil, Dr. Fletcher telah mengidentifikasi 23 kepribadian berbeda di dalam Kevin; Dalam pikirannya. Dia juga menemukan bahwa fisiologi Kevin berubah ketika kepribadian baru datang kepadanya.

Kevin membawa gadis-gadis itu ke kediaman bawah tanahnya dan mengamankan mereka di dalam sel. Mereka mengenali gangguan disosiatifnya, dan Claire mencoba menggunakan ini melawan Kevin untuk melarikan diri tetapi ditangkap oleh “Dennis” dan dipisahkan dari yang lain. Selama beberapa hari, Kevin meninggalkan mereka terkunci ketika dia pergi bekerja dan menghadiri janji dengan Dr. Fletcher. Selama pertemuan-pertemuan ini, Dr. Fletcher mengakui bahwa “Dennis” tampaknya telah mengambil alih kepribadian dominan dari “Barry”, meskipun ia mencoba bertindak sebagai “Barry” untuk membodohinya. Dia ingat sebuah insiden yang “Barry” katakan padanya sekitar sebulan sebelumnya, di mana dua gadis remaja telah berjalan ke arahnya, mengambil tangannya dan meletakkannya di dada mereka, yang mungkin telah memicu “Dennis” untuk mengambil alih. Dr Fletcher menduga bahwa Kevin, sebagai “Dennis”, bertanggung jawab atas tiga remaja yang hilang.

Mungkin Anda Menyukai